ESSAY

Writer / NIM
MAIMUN YUNUS TANUNE / 153409029
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Advisor 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstract
ABSTRAK Maimun Yunus Tanune. 2013. Pengaruh Pembelajaran Teknik Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Di Kelompok B TK Mawar 11 Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr.H.Rusdin Djibu,M.Pd dan Pembimbing 11, Pupung Puspa Ardini S.Pd,M.Pd. Penelitian ini dadasarkan pada rumusan masalah apakah terdapat perbedaan antara kemampuan berbicara anak yang diberikan pembelajaran teknik menggunakan bermain peran dengan kemampuan berbicara anak yang tidak diberikan teknik bermain peran di kelompok b. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan melalui tes lisan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berbicara anak, sekaligus guru masih kurang memperhatikan penerapan teknik yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini dilakukan di TK Mawar 11 yang terdiri dari 35 (tiga puluh lima) anak. Data yang terkumpul dig diolah dan dianalisis dengan menggunakan 2 statistik yaitu, statistik deskriptip dan statistik inferensial. Dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, pengujian realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu, 3.83 > 1.997. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pembelajaran menggunakan teknik bermain peran dengan pembelajaran yang tidak menggunakan teknik bermain peran terhadap kemampuan berbicara dapat diterima. Untuk itu disarankan kepada kepala sekolah dan pendidik agar lebih memperhatikan penerapan teknik yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Kata Kunci : Pembelajaran, Teknik Bermain Peran, Kemampuan Berbicara.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011