ESSAY

Writer / NIM
ALMA YUSUF / 153409124
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Alma Yusuf, NIM. 153 409 124. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Eksperimen. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd. Tahun 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: "Apakah metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui metode eksperimen. Hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini, "jika digunakan metode eksperimen dalam pembelajaran maka keterampilan proses sains pada anak kelompok B TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan. Kabila Kabupaten Bone Bolango" akan meningkat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantuan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menghitung persentase peningkatan keterampilan proses sains sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada anak TK Kuntum Mekar Kelurahan Padengo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango maka keterampilan proses sains anak meningkat. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011