Writer / NIM
						TITIN UDJAILI / 153410026
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
						Advisor 1 / NIDN
						SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
						Advisor 2 / NIDN
						MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
						Abstract
						Titin Udjaili. 2014. Peran Guru Dalam Mengenalkan Konsep Warna Sekunder Pada Anak Kelompok B Di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo..pembimbing I Samsiah S.Pd M.Pd dan pembimbing II Meylan saleh S.Pd M.Pd.
Masalah dalam penelitian : Bagaimana peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo? Tujuan dalam penelitian ini adalah untk mendeskripsikan peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa peran guru dalam mengenalkan konsep warna sekunder pada anak kelompok B TK Teratai kecamatan boliyohuto kabupaten gorontalo dilaksanakan melalui tiga peran yakni peran guru sebagai pengajar,peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai model. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pengajar di lakukan dengan cara mengenalkan konsep warna sekunder pada anak,serta menentukan langkah-langkah persiapan dalam pembelajaran pengenalan warna dan manfaat yang di dapat dari pembelajaran pengenalan warna bagi anak. anak peran guru sebagai pembimbing di TK Teratai  dilakukan dengan cara membimbing anak secara berkelanjutan kemudian menjelaskan warna  serta bahan-bahannya dan cara pembuatan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak, sabar dalam menghadapi anak yang kesulitan mengenal warna serta menjadi fasilitator yang baik terhadap anak sampai anak mampu melakukan kegiatan mengenal warna  dengan baik. Peran guru sebagai model yang diterapkan di TK Teratai yakni memberikan contoh pengenalan warna sekunder  yang baik dan cara membuat yang baik pula, memiliki sikap sabar, tidak mudah menyerah dan terus berusaha serta menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
Kata kunci : peran guru, warna sekunder
						Download files