ESSAY

Writer / NIM
NANGSI / 153410038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstract
Nangsi. 2014. Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran Di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Tim Pembimbing: Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penyebab materi pelajaran sulit dipahami anak, diantaranya adalah media pembelajaran yang digunakan belum optimal hal ini dikarenakan guru kurang kreatif tentang perannya dalam merancang pembelajaran. Guru juga kurang memperhatikan media pendukung dalam kelas dan lingkungan sekolah sesuai standar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Metode ini dengan maksud untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian bahwa guru mampu menciptakan lingkungan kelas dan media pembelajaran dengan baik, mempermudah anak dalam menuangkan ide-ide dan memberikan anak inspirasi dan motivasi anak dalam belajar. Guru mampu memberikan hasil pemikiran/evaluasi materi, bahan, serta media sehingga mengembangkan imajinasinya, menimbulkan antusias anak, meningkatkan motivasi, kemudian anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa Peran guru di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan yang berkaitan dengan media pembelajaran yaitu sebagai pengelolah kelas dan sebagai mediator, jika peran ini diterapkan dengan baik dan optimal akan memperlihatkan hasil yang optimal terhadap perkembangan anak. Kata Kunci: Guru, Media Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011