ESSAY

Writer / NIM
HADIJAH MAYANG / 153410054
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK HADIJAH MAYANG. 2014. Meningkatkan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan Di KB Anak Bertumbuh Cemerlang Desa Bube Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah budi pekerti anak di KB Anak Bertumbuh Cemerlang Desa Bube Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan dengan metode pembiasaan.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan budi pekerti anak. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata (26.25%) dari observasi awal. Yakni dari 32.5% pada observasi awal meningkat menjadi 58.75% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.75%) dari observasi awal. Yakni dari 32.5% pada observasi awal meningkat menjadi 81.25% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk mengikuti pembelajaran mengenai budi pekerti. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu anak. Di samping itu anak pula dirangsang dengan metode pembiasaan yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan metode pembiasaan, maka peningkatan budi pekerti di KB Anak Bertumbuh Cemerlang meningkat, dapat diterima". Kata kunci : Budi pekerti, pembiasaan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011