Writer / NIM
						LIDYAWATI HARUN / 153410068
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
						Advisor 1 / NIDN
						SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
						Advisor 2 / NIDN
						MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
						Abstract
						Lidyawati Harun. 2014. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik pada kegiatan bercerita kelompok B Di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Samsiah S.Pd,M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dibertujuan untuk peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik pada kegiatan bercerita di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga	Biru		Kabupaten	Gorontalo.	Tujuan	 penelitian	ini	adalah	untuk memperoleh	data	tentang		sistim	mengajar	guru	dalam	mengembangkan kecerdasan linguistik khususnya dalam kegiatan bercerita masih kurang optimal, Teknik   pengumpulan  data   dilakukan   dengan   menggunakan  observasi  dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data  menggunakan deskriptif kualitatif, dimana hasil wawancara dari guru kelas akan dikemukakan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah 9 orang anak usia 5-6 Tahun di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penyebab kegiatan bercerita belum optimal,  yaitu: 1) Kurangnya media pembelajaran yang diberikan; 2) Pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi; 3) Sebagian anak belum menguasai pengenalan-pengenalan isi cerita; 4) Tidak ada perhatian orang tua terhadap anak dirumah; 5) Anak masih ada yang datang terlambat di sekolah; 6) Kurangnya pemberian tugas pada anak.
Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik,Keegiatan Bercerita
						Download files