ESSAY

Writer / NIM
LIDYAWATI HARUN / 153410068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Lidyawati Harun. 2014. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik pada kegiatan bercerita kelompok B Di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Samsiah S.Pd,M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dibertujuan untuk peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik pada kegiatan bercerita di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang sistim mengajar guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik khususnya dalam kegiatan bercerita masih kurang optimal, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dimana hasil wawancara dari guru kelas akan dikemukakan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah 9 orang anak usia 5-6 Tahun di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penyebab kegiatan bercerita belum optimal, yaitu: 1) Kurangnya media pembelajaran yang diberikan; 2) Pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi; 3) Sebagian anak belum menguasai pengenalan-pengenalan isi cerita; 4) Tidak ada perhatian orang tua terhadap anak dirumah; 5) Anak masih ada yang datang terlambat di sekolah; 6) Kurangnya pemberian tugas pada anak. Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik,Keegiatan Bercerita
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011