ESSAY

Writer / NIM
INSAN H. GANI / 153410074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
GANI, INSAN. 2014. Meningkatkan pengenalan konsep sains sederhana melalui bermain pasir pada anak kelompok B di TK mutiara laut Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Samsiah,S.Pd, M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing. Subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata siklus I (26.66%) dari observasi awal, yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 58.33% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.33%) dari observasi awal. Yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk bereksplorasi dengan pasir. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu mereka untuk mengetahui apa saja yang terjadi bila pasir dicampur air atau menimbang barat pasir melalui kegiatan eksperimen dan pemberian tugas. Di samping itu anak pula dirangsang dalam pemahaman konsep sains sederhana yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK. Dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan bermain pasir, maka pengenalan konsep sains sederhana pada anak kelompok B TK Mutiara Laut Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dan dapat diterima". Kata kunci : sains sederhana, bermain pasir.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011