ESSAY

Writer / NIM
SARIPA SONO / 153410081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Saripa Sono. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Menari Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ade Irma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd, dan pembimbing II, Samsiah, S.Pd, M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menari anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan Studi Dokumen. sumber data adalah guru, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menari anak usia 5-6 tahun di TK Ade Irma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu diantaranya perhatian dan minat anak untuk melakukan kegiatan menari. faktor eksternal: faktor yang membuat anak berminat yang datangnya dari luar individu seperti motivasi dari guru dan orang tua. dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang kemampuan menari anak dapat ditinjau dari anak yang sudah mampu melenggokkan tangan, anak mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari dan mimik pada saat menari. anak yang mampu melenggokkan tangan dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 13 anak atau 65% anak yang sudah mampu melenggokkan tangan saat menari dan 7 orang anak atau 35% anak yang belum mampu melenggokkan tangan pada saat menari. selanjutnya, pada anak yang mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 9 atau 45% anak yang sudah mampu mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari serta masih terdapat 11 atau 55% anak yang belum mampu mencocokkan atau mensinkronisasikan gaya tangan dan kaki saat menari. serta mimik pada saat menari, dilihat dari anak yang berjumlah 20 orang anak ada 12 atau 60% anak yang sudah mampu mengekspresikan wajah atau mimik pada saat menari dan 8 atau 40% anak yang belum mampu mengekspresikan mimik pada saat menari. Kata Kunci : Kemampuan Menari Anak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011