ESSAY

Writer / NIM
MELLISA MUSTAFA / 153410086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
ABSTRAK Melisa Mustafa, NIM: 153410086. 2016. Deskripsi Pengenalan Urutan Bilangan Pada Anak Kelompok A Di TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Prof Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II: Samsiah, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengenalan Urutan Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, tahap penyajian data dan tahap pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, di dapatkan 23 anak sudah memahami urutan bilangan seperti, menyebut urutan bilangan 1 sampai 10, serta membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda. Anak yang belum dapat menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda hingga 10, di dapati 2 orang anak belum mampu, di sebabkan kurangya media dan peran guru dalam proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan media dalam menyampaikan urutan bilangan pada anak kelompok A TK Adampe Dolot Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu dibutuhkan alat media belajar anak, apa dapat memahami dengan jelas mengenai urutan bilangan. Kata Kunci: urutan Bilangan, Anak Kelompok A
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011