ESSAY

Writer / NIM
NOVITA MOKODOMPIT / 153410091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Novita Mokodompit. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan kemampuan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummysalam A.T.A Duludu M.Pd, dan pembimbing II: Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 2 orang guru serta anak didik kelompok B dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen serta arsip-arsip yang mendukung dalam penelitian. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa guru tidak hanya mengajarkan pendidikan karakter kepada anak tetapi pembelajaran sains juga diadakan. Guru tidak hanya menjelaskan konsep sains tetapi mengajak anak juga untuk melakukan kegiatan percobaan sains. Hal ini merupakan salah satu cara guru agar anak lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran sains, guru lebih menekankan pada proses dari pada hasil akhir.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011