ESSAY

Writer / NIM
NINGSIH HASAN / 153410105
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstract
Ningsih Hasan 2014, Nim. 153 410 105, "Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Discovery pada Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd.M.Pd dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, S.Pd.M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, adalah apakah metode Discovery dapat meningkatkan Keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo melalui metode Discovery. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 25 orang terdiri dari anak laki-laki 11 orang dan perempuan 14 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap penelitian yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi, serta teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan keterampilan proses sains melalui metode Discovery pada siklus I mencapai 60% dari observasi awal, siklus II meningkat menjadi 92% dari hasil observasi awal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui metode Discovery Keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Metode Discovery
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011