ESSAY

Writer / NIM
ANGGRIMEILANTI KATILI / 153410113
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Anggrimeilanti Katili Nim 153410113 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mendongeng Pada anak Kelompok B Di TK Panipi Raya Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Samsiah S.Pd ,M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd Permasalahan Kegiatan disekolah jarang melakukan kegiatan mendongeng, pada hal kegiatan mendongeng memiliki banyak manfaat bagi anak seperti dapat mengembangkan daya imajinasi anak, keterampilan bahasa, minat baca, rasa empati anak, mengajarkan nilai moral. Dalam kegiatan mendongeng banyak pesan moral yang bisa kita sampaikan pada anak. Rumusan Masalah dalam penelitian ini Bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mendongeng Pada anak Kelompok B Di TK Panipi Raya Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo? Tujuan pada penelitian ini adalah yakni untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan Kemampuan Mendongeng Pada anak Kelompok B Di TK Panipi Raya Desa Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian belajar dengan cara mendongeng dapat membuat anak merasa senang dan tidak tertekan sehingga lebih mudah menyampaikan pada anak. Fasilitas merupakan sarana pendukung dalam pembelajaran, jika kurangnya fasilitas guru bisa tidak maksimal membawakan dongeng sebab tidak ada pedoman. Kesimpulan mendongeng dapat memberikan banyak manfaat pada anak seperti rasa empati, minat baca, mengembangkan imajinasi anak. Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu, ini adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan yakni dengan mendongeng. Kata Kunci : Peran Guru Kemampuan Mendongeng
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011