ESSAY

Writer / NIM
RIRIN SEPTIANY POMIDE / 153411083
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Ririn Septiany Pomide, Deskripsi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Kelompok B di TK Surya Satu Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan Menulis Permulaan pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melauli observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Permulaan Anak Kelompok B di TK Surya Satu Tunggulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat dideskripsikan. Yaitu: a) Mengeblat atau menebalkan tulisan yang sudah mampu berjumlah 6 orang, anak yang kurang mampu mengeblat berjumlah 4 orang anak. b). menghubungkan garis putus-putus, anak yang sudah mampu berjumlah 7 orang anak, dan yang kurang mampu berjumlah 3 orang anak. c). sedangkan yang menyalin tulisan yang mampu 7 orang anak, dan yang kurang mampu berjumlah 3 orang anak. peningkatan yang terjadi dapat terlihat dari tahap penelitian , yaitu observasi yang dilakukan saat melakukan penelitian terhadap anak tersebut, dengan mengembangkan kemampuan menulis permulaan anak untuk mengembangkan Pengetahuan menulis. Kata Kunci. Kemampuan menulis permulaan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011