ESSAY

Writer / NIM
NARIMAN ABDULLAH / 153411085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK Nariman Abdullah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Samsiar rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II: Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui metode pemberian tugas pada anak kelompok A di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Hipotesis yang diuji diperoleh bahwa jika guru menggunakan metode pemberian tugas, maka kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo, akan meningkat. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan April pada semester II tahun pelajaran 2014-2015 di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi terhadap seluruh kegiatan pembelajaran. Analisa data dilakukan dengan perhitungan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal tingkat kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo hanya sejumlah 8 orang anak atau 40% dari 20 orang anak. Pada siklus 1 menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A di Tk Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo yaitu 60% atau 12 orang anak dari 20 orang anak. Pada siklus 2 kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A di TK Surya Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 85% atau 17 orang anak dari 20 orang anak. Kata kunci: Bilangan, Pemberian Tugas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011