ESSAY

Writer / NIM
ERNA S. ADAM / 153411090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan peran guru dalam meminimalkan perilaku hiperaktif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 3 (tiga) orang guru, dengan jumlah anak yang di adakan sebagai sumber data adalah 30 orang anak, yang memiliki perilaku hiperaktif berjumlah 8 orang anak, dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru dalam meminimalkan perilaku hiperaktif anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara menginformasikan bahwa Guru adalah pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku hiperaktif pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah dapat diminimalkan. Kata kunci : Peran Guru, PerilakuHiperaktif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011