ESSAY

Writer / NIM
GISELAWATI ISHAK / 153411100
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Giselawati Ishak, 2015. Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II, Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran Guru melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi pada anak di kelompok B TK Tinelo Lombongo kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango telah dilakukan cukup optimal. Peran tersebut diwujudkan dengan cara memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik, memberikan bimbingan, memberikan motivasi, dan memberikan teladan pada anak, Guru juga berupaya memberikan komunikasi dengan menggunakan bahasa Gorontalo pada anak secara sederhana, dan memberikan pujian dan reward pada anak yang mampu mengenal dan memahami kosa kata bahasa Gorontalo. Guru berupaya mendidik dan membimbingnya secara bertahap dan berulang dalam mempelajari kosa kata bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah Upaya melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo, hendaknya menjadi perhatian utama Guru, karena merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak terutama bahasa GorontaloTeknik bernyanyi perlu dijadikan metode ataupun teknik dalam melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo, karena teknik tersebut sangat disukai oleh anak dan anak mampu mengingat kosa kata bahasa Gorontalo yang ada dalam syair lagu Gorontalo.Dalam memberikan rangsangan agar anak cepat memahami kosa kata bahasa Gorontalo maka hendaknya Guru selalu berkomunikasi dan melatih anak dengan menggunakan bahasa Gorontalo setiap hari di sekolah. Kata kunci : Peran Guru, melestarikan kosa kata bahasa Gorontalo
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011