ESSAY

Writer / NIM
MEGAWATI HARAS / 153411110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
ABSTRAK MEGAWATI HARAS. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro pada Anak Kelompok B Di TK Kemala Bhayangkari 05 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015. Dra. Syamsiar RivaI, M.Pd dan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd sebagai pembimbing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, Apakah kemampuan berbicara pada anak di TK Kemala Bhayangkari 05 dapat ditingkatkan dengan kegiatan bermain peran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil seperti pada observasi awal, yang memiliki peningkatan rata-rata 55% dari observasi awal yang hanya 20% atau 4 anak memiliki kemampuan berbicara yang baik. Yakni dari 30% atau 6 anak pada observasi awal meningkat menjadi 60% atau 12 anak pada siklus 1 dan 85% atau 17 anak pada siklus II. Hasil penelitian dimaksud adalah rata-rata dari jumlah persentase seluruh aspek kemampuan anak dalam peningkatan kemampuan berbicara anak yang diamati. Dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan kegiatan bermain peran makro, maka peningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Bhayangkari 05 meningkat, dan dapat diterima". Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain peran makro, kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 05 Kota Gorontalo, meningkat. Kata kunci : Kemampuan berbicara, Bermain peran makro
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011