ESSAY

Writer / NIM
NOLISTA KURNIASIH / 153412001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Nolista Kurniasih, 2016. Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A Di TK Damhil Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Tuti Wantu, M.Pd Kons dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Damhil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain One grup pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa nilai Pretest Lhitung = 0,1830 dan Posttest Lhitung = 0,1433 taraf signifikasi = 0,05 dan n = 16, Ltabel = 0,213. Karena L0 < Ltabel. Dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan statistik uji t dependen dengan = 0,05, tabel distribusi t diperoleh ttabel(dk; 1- ) = ttabel(15; 0,975) = 2,13, kriteria pengujian Tolak H_0 jika thitung > ttabel dimana ttabel didapat dari daftar distribusi t dengan dk = n - 1 dengan peluang (1 - ). Dengan membandingkan harga thitung = 18,497 > ttabel = 2,13 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Damhil. Hal ini dibuktikan oleh skor rata - rata pretest = 922 dan skor rata - rata posttest = 1432. Kata Kunci : Bowling Modifikasi, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011