ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA MUSA / 153412014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Nurlaila Musa. 2016. Deskripsi Kemandirian anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamaatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd, dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mendeskripsikan kemandirian anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sember data adalah guru. Data di analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 20 anak dapat dilihat dari tujuh indikator; a) kemampuan fisik, b) percaya diri, c) bertanggung jawab, d) disiplin, e) pandai bergaul, f) saling berbagi, g) mengendalikan emosi. Dimana terlihat bahwa indikator yang paling tinggi nilai persennya adalah indikator percaya diri, dimana pada indikator ini anak yang percaya diri sebanyak 18 orang atau sekitar 19% dan anak yang kurang percaya diri 2 orang atau sekitar 10%. Sedangkan indikator yang paling menonjol kemandiriannya adalah indikator yang ke empat yaitu disiplin. Dimana masih terdapat 4 anak yang kurang disiplin. Kesimpulannya adalah disebabkan faktor-faktor yang bergantung pada latar belakang dan status seseorang, lingkungan, hubungannya dengan dunia luar dan lain-lain. Meskipun demikian guru selalu memberikan dorongan dan motivasi meski hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Orang tua juga perlu memberikan kebebasan, rangsangan dan dorongan kepada anak untuk terbentuk rasa tanggung jawab anak sejak dini. Kata Kunci : kemandirian anak.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011