ESSAY

Writer / NIM
ZUHURIA R. KONIYO / 153412032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
ZUHURIA R. KONIYO. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ruslin W.Badu M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah,S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi Interaksi Sosial Anak Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Anak pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo yaitu faktor internal dan faktor eksternal diantaranya : a). Status Sosial Ekonomi Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 19 anak (95 %), yang kurang mampu berjumlah 1 anak (5 %). b). Pola Asuh Orang Tua, yang sudah mampu berjumlah 15 anak ( 75 %), anak yang kurang mampu berjumlah 3 anak (15 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). c). Faktor Dari Luar Rumah, anak yang sudah mampu berjumlah 14 anak (70 %), anak yang kurang mampu berjumlah 4 anak (20 %), dan anak yang belum mampu berjumlah 2 anak (10 %). d). Faktor Pengaruh Pengalaman Sosial Anak, anak yang sudah mampu berjumlah 17 anak (85 %), anak yang kurang mampu berjumlah 2 anak (10 %), dan anak yang belum mampu berjulah 1 anak (5 %). Peningkatan yang terjadi dapat terlihat dari tahap penelitian yaitu melalui observasi yang dilakukan saat melakukan penelitian terhadap anak dengan mengembangkan interaksi sosial dengan teman sebaya, orang lain maupun orang yang berada di lingkungan sekitarnya.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011