ESSAY

Writer / NIM
ANI ULFARIDA / 153412061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Ani Ulfarida, 2016. NIM : 153 412 061. Pengembangan Media Pembelajaran Sains Dalam Bentuk Permainan Sulap Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Prodi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ruslin W Badu, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dapat mengembangkan kreativitas anak (2) apakah media pembelajaran sains yang dikembangkan dapat mengembangkan kreativitas anak di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Peneliti ini memiliki tujuan sebagai berikut : (1) untuk mengetahui media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap dalam mengembangkan kreativitas anak, (2) menyusun media pembelajaran sains dalam mengembangkan kreativitas anak di SD laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, desain, devolpment (pengembangan), implimentation (implimentasi). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap devolopment (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, lembar validasi, serta studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru kelas dan respon anak terhadap media pembelajaran sains dalam bentuk permaianan sulap untuk mengembangkan kreativitas anak. adapun indikator karakteristik kreativitas yaitu : (1) mengemukakan pendapat atau ide-ide dengan lancar tentang air yang dipanaskan (2) kemampuan untuk menghasilkan berbagai ide atau karya yang asli hasil pemikiran sendiri (3) keuletan menghadapi rintangan dan kesabaran dalam menghadapi suatu situasi yang tidak menentu (4) senang bertanya (5) anak memiliki imajinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu desain pengembangan media pembelajaran sains dalam bentuk permainan sulap untuk mengembangkan kreativitas anak memiliki kualitas sangat baik sehingga sangat layak digunakan dalam kegitan pembelajaran. Kata Kunci : Media, Permainan, Kreativitas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011