ESSAY

Writer / NIM
WUYUNG PUTRI VILADATIKA / 153412074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK Wuyung Putri Viladatika. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia 6-7 Tahun di SDN 2 Kotanagaya Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Tuti Wantu M,Pd Kons, Pembimbing II: Dr. Setiyo Utoyo M,Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yautu eksperimen dengan desain true eksperiment design. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data, dapat diketahui bahwa nilai tes pretest homogenitas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 0.447 dan untuk hasil tes posttest homogenitas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 0,105 yang berarti bahwa baik kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki varians yang sama atau homogen dengan melebihi taraf signifikan sebesar 0,05. Selain itu terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 128,55 dan hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 61,93. Uji hipotesis menggunakan uji t Independent 0,05 dengan tabel distribusi t diperoleh 2,003. Dengan membandingkan harga t hitung = 57,526 > dari t tabel = 2,003, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan spiritual pada anak usia 6-7 tahun yang dilaksanakan pada kelas eksperimen SDN 2 Kotanagaya kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci : metode bermain peran makro, kecerdasan spiritual anak usia 6-7 tahun ABSTRACT Wuyung Putri Viladatika. 2016. The Influence of Macro Role Playing Method towards Spiritual Quotient of Children at the Age of 6 - 7 in SDN 2 Kotanagaya, Bolano Lambunu Sub-district, parigi Moutong District. Skripsi. Teacher Education for Early Childhood Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, The Principal Supervisor is Dra.Tuti Wantu M.Pd, Kons and the Co-Supervisor is Dr. Setyo Utoyo M.Pd. Thin research aimed at finding out the empirical data about the influence of macro role playing method towards spiritual quetientof children at the age of 6 - 7. The method used experimental with true experiment design. Technique of data collection use questionnares and documentation. The research result showed that the value of pretest for homogeneity in experiment and control classes were 0,447 and posttest for homogeneity in experimental and control classes were 0,105 in which at the experimental class or control class. It had similar variance or homogeneous which exceeded the significant level to 0,05. Besides, there was difference in the posttest result between experimental class with the average gained 128,55 to control class with the average gained 61,93. The hypothesis test used test of t independent 0,05 with table of t distribution gained 2,003. By comparing the value of t count = 57,526 > t table = 2,003, thus Ho was rejected and Ha was accepted. Therefore, based on the result, it concluded that there was influence of macro role playing method towards spiritual quotient of children at the age of 6 - 7 which conducted at the experimental class in SDN 2 kotanagaya, Bolano Lambunu Sub district Parigi Moutong District. Keywords: Macro role playing method, spiritual quotient of children at the age of 6 - 7.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011