ESSAY

Writer / NIM
NURZEIN S. ANWAR / 153412088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK Nurzein S Anwar.2016.Strategi Pemanfaatan Media Puzzle Sederhana pada anak usia 2-3 tahun di Paud Karang Citra Desa Lopo Kecamatan Batudaa Pantai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. SetiyoUtoyo, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalahuntukmengetahuistrategipemanfaatan media puzzlesederhanapadaanakusia 2-3 tahun di PAUD Karang Citra.Metode penelitianyang digunakan yaitu; Deskriptif dengan jenis penelitian Kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran yaitu, pendidik belum optimal memanfaatkan puzzle sederhana sebagai media pembelajaran hal ini diperkuat dengan hasil wawancara yang diadakan dengan pendidik yang mengajar disekolah tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemanfaatan media puzzle disekolah Paud Karang Citra belum optimal dan perlu ditingkatkan karena kurangnya strategi pendidik dalam memanfaatkan media puzzle yang tersedia. Adapun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belum optimalnya pendidik dalam mengajar menggunakan puzzle sebagai media pada pembelajaran di Paud Karang Citra sebagai berikut: 1) Fasilitas yang terbatas menyebabkan kurangnya Perhatian pendidik dalam memanfaatkan puzzle sederhana, 2)Media yang dipakai dalam pembelajaran terlalu menoton, 3) Kurangnya pembelajaran interaktif dalam menyampaikan tema/subtema. Kata Kunci :Strategi, Media Puzzle
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011