ESSAY

Writer / NIM
MARYAM HARMONIS / 153413010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK MARYAM HARMONIS, 2017. Deskripsi Permainan Petak Umpet Pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah permainan petakumpet pada anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecematan Suwawa Kabupaten Bone Bolango ? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan permainan petakumpet pada anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa deskripsi permainan petak umpet pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Suwawa baik. Hal tersebut berdasarkan indikator dari permainan petak umpet yakni penjaga, tempat/tiang penjaga, penjaga menutup mata, pemain mencari tempat bersembunyi, dan penjaga melakukan pencarian. 1) indikator penjaga 11 anak mampu menjadi penjaga dan 7 anak belum mampu karena saat anak tidak menemukan temannya yang bersembunyi anak mulai bosan menjadi penjaga, 2) indikator tempat/tiang penjaga semua anak mampu karena sebelum bermain anak - anak menentukan bersama tempat/tiang penjaga yang akan dipakai, 3) indikator penjaga menutup mata 15 anak mampu dan 3 anak belum mampu karena anak takut kegelapan sehingga anak sering membuka mata, 4) indikator pemain mencari tempat bersembunyi 12 anak mampu dan 6 anak belum mampu karena anak bingung mencari tempat bersembunyi, dan 5) indikator penjaga melakukan pencarian 7 anak mampu dan 11 anak belum mampu karena anak lebih senang bersembunyi daripada menjadi pencari dan anak cepat bosan karena anak tidak menemukan temannya yang bersembunyi ditempat yang sulit dicari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 18 anak yang ada dikelompok B, berdasarkan indikator permainan petak umpet terdapat 5 anak yang belum mampu berdasarkan keseluruh indikator permainan petak umpet. Sedangkan 13 anak lainnya sudah mampu berdasarkan indikator dari permainan petak umpet. Kata Kunci : Permainan, Petak Umpet.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011