ESSAY

Writer / NIM
SUCIANTI IMAM / 153413027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Advisor 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstract
ABSTRAK Sucianti Imam. 2017. Implementasi Pembelajaran Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok A Di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D, dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd. Dalam proses pembelajran Pendidikan Anak Usia Dini lebih mengutamakan kegiatan bermain sambil belajar. Karena hal tersebut sesuai dengan Aspek Psikologi dan perkembamngan Anak Usia Dini salah satu permaina yang digemari permainan bermain peran, namun dalam implementasinya banyak anak belum mampu melakukan bermain peran secara maksimal, karena itu masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi bermain peran makro pada anak kelompok A di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bermain peran makro pada anak kelompok A di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Tk Pembina Desa Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo.Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa bermain peran telah dilaksanakan secara efektif memberikan manfaat bagi mental, sosial dan emosisonal anak. Pembelajaran bermain peran makro sangat bermanfaat bagi kecerdasan sosial anak.Meningkatkan kemampuan sosial anak dipengaruhi oleh cara anak dalam memainkan peran serta berkomunikasi secara efektif sehingga anak terbiasa memiliki rasa percaya diri untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kesimpulan bahwa impementasi pembelajaran bermain peran makro membutuhkan peran serta guru secara aktif dalam mengembangkan dan mendesain tema bermain peran makro degan memanfaatkan media permainan yang aktif sehingga anak termotivasi dalam belajar dan mampu mencapai prestasi prestasi dan perkembangan secara optimal. Diharapkan kepada semua pihak diantaranya kepala sekolah,guru dan masyarakat sebagai orang tua siswa serta pemerintah daerah selaku kebijakan untuk meningkatakan peran serta dalam memberikan dukungan terhadap pengadaan media bermain peran agar anak merasa termotivasi untuk belajar. Kata kunci : Implementsi,bermain peran, makro.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011