ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI RAHMAN / 153413063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
ABSTRAK Sri Wahyuni Rahman. 2017. Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 tahun di TK Candra Kirana Desa Talumopatu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Samsiah. S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 tahun di TK Candra Kirana Desa Talumopatu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan beberapa simpulan bahwa Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 tahun di TK Candra Kirana Desa Talumopatu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango adalah cukup baik. Hal ini didasari oleh optimalnya aspek memilih tema, penjabaran tema, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa interaksi sosial anak dari 15 orang anak, terdapat 9 orang anak atau 64% yang berkembang hal ini dikarenakan anak tersebut berkomunikasi dengan sesamanya, percaya diri pada saat pembelajaran berlangsung dengan aktif menjawab pertanyaan guru dan teman sebayanya, bertanya bila tidak mengerti penjelasan guru serta mampu memecahkan masalah dengan memberikan tanggapan mengenai pertanyaan yang disampaikan oleh guru. Terdapat 6 orang anak atau 37% yang belum berkembang dalam hal tidak memiliki keberanian bertanya, kurang berkomunikasi dengan teman sebayanya dan tidak percaya diri dalam menjawab pertanyaan guru, sehingga secara umum anak sudah mampu berinteraksi sosial. Kata Kunci: Strategi Guru, Interaksi Sosial
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011