ESSAY

Writer / NIM
NUR FADHILAH / 153413080
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK NUR FADHILAH. 2016. Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Play Group PPIT Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2016. Dr. Ruslin Badu, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sopan santun anak melalui metode pembiasaan Play Group di PPIT Lukmanul Hakim. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Yang terdiri dalam empat tahap yaitu, Tahap persiapan, tahap pelaksanakan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Dari hasil persentase rata - rata diperoleh peningkatan dari jumlah 22 anak pada observasi awal kemampuan perilaku sopan santun anak 5 anak (23%) meningkat pada siklus l menjadi 10 anak (45%) . Pada siklus 1 terjadi peningkatan terjadi disebabkan dengan adanya praktek langsung, melibatkan anak secara langsung, termotivasi oleh media yang disediakan guru dan lingkungan yang kondusif. Pada siklus ll diperoleh peningkatan rata - rata meningkat dari observasi awal 5 anak (23%) meningkat menjadi 18 anak (82 %) pada siklus ll. Peningkatan ini pula terjadi dengan adanya pembiasaan pada anak, melibatkan anak secara langsung, memilih media yang lebih menarik minat anak, lebih memfokuskan perhatian anak dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dan memberi pujian kepada anak yang melakukan suatu kebaikan. Kata kunci : Sopan Santun, Pembiasaan ABSTRACT NUR FADHILAH. 2016. Increasing Politeness of children through Habitual Metrod at Play Group PPIT Lukmanul Hakim, Limboto Subdistrict. Skripsi, Bachelor Study Program of Early Childhood Education. Faculty of Education. State University of Gorontalo, 2016. The principal supervisor was Dr. Ruslin Badu, M.Pd and Co - supervisor was Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd. This research aimed at increasing the politeness of children through habitual method at Play Group PPIT Lukmanul Hakim. This Research applied Classroom Action Research that was conducted in two cycles. It was divided into four stages namely planning, implementations, observations and evalutions, analysis and reflections. The research result showed that the average percentage of children politeness can be observed as follows: in initial observation, there were 5 out of 22 children (23%) increased to 10 children (45%). The increasing in cycle l happened due to the children practiced directly, teacher involved children directly and motivated them with the media that had been prepared and environment which is conducive. However, in cycle ll, the result increased to 18 children (82%). This increase also happened due to children habituation, children's direct involvement, the interesting learning media that can attract children's attention, and fun learning condition. Also, it can be happened because of teacher gives award to the children when they do kindness. Keywords: Politeness, Habitual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011