ESSAY

Writer / NIM
RISNAWATI MAKU / 153413081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Risnawati Maku. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berwudhu melalui Praktek Langsung di TK Aster Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Praktek Langsung dapat meningkatkan Kemampuan Berwudhu di TK Aster Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu melalui Praktek Langsung di TK Aster Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan tindakan siklus I dan II, ternyata dengan menggunakan praktek langsung dapat meningkatkan kemampuan berwudhu pada anak kelompok B di TK Aster Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo . Hasil pengamatan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil peroleh data tentang kemampuan berwudhu pada anak menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah anak yang telah mampu berwudhu hanya berjumlah 8 orang (40%), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 16 orang (80%). Sementara jumlah anak yang belum mencapai mencapai indikator kinerja pada siklus I sebanyak 12 orang (60%), sedangkan pada siklus II turun menjadi 4 orang (20%). Hal ini menunjukkan bahwa target capaian telah mencapai indikator kinerja sebesar 75% dari 20 orang anak yang memiliki kemampuan berwudhu. Kata Kunci : Kemampuan Berwudhu, Praktek Langsung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011