ESSAY

Writer / NIM
ZURIATI MOOLELEPO / 153414023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK Zuriati Moolelepo. 2018. Peran Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Bahan Alam Kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan Posigadan kabupaten Bolaangmongondow Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Peran guru dalam pembelajaran, yakni sebagai pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, sehingga memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Tujuannya untuk mendeskripsikan peran guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis alam Kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan posigadan kabupaten Bolaangmongondow Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dikemukakan oleh Bogdan dan Gubah dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru di TK Kasih Ibu desa Sakti. Selanjutnya teknik pengumpulan data, yakni diawali dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang berhubungan dengan peran guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis bahan alam kelompok A TK Kasih Ibu desa Sakti kecamatan Posigadan, kabupaten Bolaangmongondow Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pembelajaran media berbasis alam di TK Kasih Ibu belum dilaksanakan dengan cukup baik. Kesimpulan secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah peran guru yaitu pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran demi meningkatkan penggunaan media pembelajaran berbasis bahan alam. Kata kunci: Peran Guru, menanfaatkan media berbasis bahan alam di TK.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011