ESSAY

Writer / NIM
INDAWATI AMAR / 153415018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstract
ABSTRAK Indawati Amar. 2021 Pengaruh Media Playdough Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing 1:Dr. Setyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II: Icam Sutisna S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media playdough terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 17 anak menunjukan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 18,47 dan standar deviasi 2,3748. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 30,05888 dan standar deviasi 3,6832197192. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan thitung sebesar 36,2017971302 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh nilai ttabel sebesar 1,746. Ternyata harga thiting lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho dalam hal ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Media PlaydoughTerhadap Kemampuan Mengenal Konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Kata kunci: Media Playdough, Konsep Bilangan, Taman Kanak-Kanak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011