ESSAY

Writer / NIM
SASKIAWATI YUSUP / 153416027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstract
ABSTRAK Saskiawati Yusup. 2020 Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Konsentrasi Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kegiatan menganyam terhadap konsentrasi anak kelompok A di Tk Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data pengaruh kegiatan menganyam terhadap konsentrasi anak kelompok A di Tk Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 30 anak menunjukan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 15,97 dan standar deviasi 1,47352. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 29,07 dan standar deviasi 2.09981. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan output Tes Statistics, diketahui sig.n (2-tailed) bernilai 0,000. Oleh karena nilai 0,000 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini berdasarkan nilai thitung 3,047 ttabel 2,04841. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh kegiatan menganyam terhadap konsentrasi anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci: Kegiatan Menganyam, Konsentrasi, Taman Kanak-Kanak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011