ESSAY

Writer / NIM
RIRIN BAGILI / 153416028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
ABSTRAK Ririn Bagili. 2020. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membilang Pada Anak Kelompok A di Tk Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II Dra. Rapi US. Djuko, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yakni Apakah terdapat Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membilang pada anak Kelompok A Tk Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Membilang yang didalam lagu tersebut menggunakan syair berupa angka serta bilangan pada setiap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif Experiment, Desain Penelitian yang di pakai yakni One grup pre test " Post test desain, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 1 kelas yang berjumlah 30 anak. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest atau sebelum diberikan perlakuan adalah 18,40 dan nilai rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan adalah 29,10 dengan ini membuktikan ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan,Pengujian Hipotesis dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan uji t-test diperoleh hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung 16,184 sedagkan nilai ttabel 2,0453. Jadi thitung ttabel 16,1842,0453,artinya terdapat pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membilang Pada Anak Kelompok A di Tk Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci : Metode Bernyanyi, Kemampuan Membilang,Anak Usia Dini
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011