ESSAY

Writer / NIM
MINARSI GANI / 153416031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstract
ABSTRAK MINARSI GANI. 2020. Pengembangan model permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran komunikasi di TK Indra 1 Hunggaluwa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Icam Sutisna S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan menggunakan model pengembengan R&D (Research and Development) di TK Indra 1 hunggaluwa Kelas B, masalah yang ditemukan mengalami kendala dalam hal ini anak yang akan belajar belum bisa berkomunikasi dengan baik, ini yang dapat menggangu proses pembelajaran di kelas. Model yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Model pengembangan 4-D (Four-D) merupakan model pengembangan yang mengembangkan produk berupa model permainan kata bergambar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Thiagaran (Sugiyono, 2015). Model ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I, Semmel 1974 (Thiagarajan, 1974) dengan empat tahapan yakni define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa analisis data dalam penelitian ini terdiri dari deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil observasi awal sebelum mendesain model permainan kartu kata bergambar dan hasil dari desain produk pengembangan yang dibuat berupa draft model permainan kartu kata bergambar serta mendeskripsikan saran-saran yang diberikan oleh validator untuk menyempurnakan model permainan kartu kata bergambar. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui perangkat pembelajaran yang telah memenuhi kriteria layak, dan praktis. Kualitas menghasilkan modul permainan kartu kata bergambar yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi oleh 2 ahli bahwa memberikan presentase kelayakan berada pada presentase 93,3333. Interpretasi skor penilaian menurut Ridwan (2012) bahwa modul permainan semua komponen/indikator menunjukkan kualitas sangat layak. Kata kunci: Pengembangan, Kartu Kata Bergambar, Komunikasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011