ESSAY

Writer / NIM
DINDA AMALIA PUJIYANTY HIMBA / 153416034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstract
ABSTRAK Dinda Amalia Pujiyanty Himba. 2020. Pengaruh Menulis Angka Pada Pasir Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Icam Sutisna S.Pd M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 25 anak menunjukan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 15,2 dan standar deviasi 1,84120. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 26 dan standar deviasi 1,780783. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesduah pemberian perlakuan.Berdasarkan output Tes Statistics, diketahui sig.n (2-tailed) bernilai 0,000. Oleh karena nilai 0,000 < 0.05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian mengatakan bahwa terdapat pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci: Menulis Angka Pada Pasir, Berfikir Simbolik, Anak Usia Dini
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011