ESSAY

Writer / NIM
NURFADILA ABUDI / 153418034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Advisor 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstract
ABSTRAK Nurfadila Abudi 2022, Deskripsi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Sri Wahyuningsi Laiya S.Pd M.Pd dan Pembimbing 2 : Waode Eti Hardiyanti S.Pd M.Ed. Tujuan dari penelitian ini untuk ��Ã..."Mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Kelompok B Di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo��. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun berjumlah 19 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak menunjukkan keaktifan dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains anak. Adapun pendekatan saintifik yang mereka lakukan terdiri lima (5) aspek penilaian seperti mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Akan tetapi pada aspek menalar terlihat anak mengalami sedikit kesulitan seperti menceritakan pengalaman yang mereka lihat diluar sekolah, sedangkan pada aspek mengkomunikasikan sudah bagus seperti menyampaikan hasil karyanya dalam bentuk bercerita. Oleh karena itu, pendekatan saintifik pada pembelajaran sains anak kelompok B di Tk Dahmil Dwp UNG sudah berkembang dengan baik. Kata kunci: Penerapan, Pendekatan Saintifik. Pembelajaran Sains
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011