ESSAY

Writer / NIM
MUZDALIFA MAMONTO / 153418054
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstract
ABSTRAK Muzdalifa Mamonto, 2022. Pengaruh Permainan Ulat Angka Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro, Kec Dungingi, Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Setiyo Utoyo M.Pd, Pembimbing II: Icam Sutisna S.Pd M.Pd. Permasalahan penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh permainan ulat angka terhadap higher order thinking skills (HOTS) pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro, Kec Dungingi, Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental one grub pretest & posttest . Subjek penelitian ini ada 30 anak. Pada perlakuan awal kemampuan higher order thinking skills pada anak memiliki skor min 8 , dan skor max 21 dengan jumlah rata-rata 13.97, sedangkan pada perlakuan akhir terjadi meningkatan dengan skor min 13 dan skor max 28 dengan jumlah rata-rata 23.10. pengujian hipotesis menggunakan uji paried sampel test yang merupakan suatu pengujian untuk membandingkan skor Ã���Ã..."sebelumÃ���Ã� dan Ã���Ã..."sesudahÃ���Ã� percobaan untuk menentukan apakah perubahan nyata telah terjadi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa nilai t- hitung sebesar 3.689 sedangkan nilai ttabel (Ã��Ã�±)= 0,05 yakni sebesar 0,674. Jika thitung >ttabel 3.689 >0,674 dengan kata lain thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterimah berarti hipotesis penelitian berbunyi Ã���Ã..."terdapat pengaruh antara permainan ulat angka terhadap kemampuan higher order thingking skills (HOTS) pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro , Kec Dungingi Kota GorontaloÃ���Ã�. Kata Kunci : Permainan Ulat Angka, Higher Order Thinking Skills.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011