ESSAY

Writer / NIM
VELLY SENA EDILA ABDUL / 153418064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Advisor 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstract
ABSTRAK Velly Sena Edila Abdul, 2022. Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kemampuan Koordinasi Gerak Mata Dan Tangan Anak Kelompok B Di Tk Nusa Indah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd, Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data bermain media kinetic sand terhadap kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak. Bermain media kinetic sand tersebut menggunakan cetakan yang berbentuk buah-buahan, geometri dan hewan laut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 22 orang anak usia dini 5-6 tahun dikelompok B TK Nusa Indah. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan koordianasi gerak mata dan tangan anak melalui bermain kinetic sand. Pengumpulan data pretest-posttest dilakukan melalui observasi menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pretest dan posttest adalah 40,9% dan 68,1%. Hal ini juga ditunjukan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan program SPSS yaitu uji ancova dan diperoleh nilai signifikan < 0.05 yaitu 0,00 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain kinetic sand terhadap kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak. Kata Kunci : Kemampuan, Koordinasi Gerak Mata dan Tangan, Kinetic Sand
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011