ESSAY

Writer / NIM
DESI LESTARI / 153418068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Advisor 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstract
Desi Lestari.2022. Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di Tk Aster, Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (I) Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (II) Waode Eti Hardiyanti, S.Pd., M.Ed. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Aster Kota Gorontalo. Kemampuan kognitif tersebut meliputi berfikir logis, berfikir kritis, memecahkan masalah, dan mampu menemukan hubungan sebab akibat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Objek penelitian ini adalah 20 anak kelompok A di TK Aster Kota Gorontalo. Pengumpulan data pre-test dilakukan sebelum diberikan treatmen melalui observasi dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk data post-test dilakukan dengan memberikan tes setelah Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif anak, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai yang di peroleh yakni nilai rata-rata kemampuan kognitif sebelum menggunakan pendekatan STEAM adalah 17.15, sedangkan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak sesudah menggunakan pendekatan STEAM adalah 28.4. Hal tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Pendekatan STEAM sangat cocok diterapkan pada anak usia dini untuk merangsang atau meningkatkan aspek-aspek perkembangan terkhusus aspek kognitif. Kata Kunci: AUD, kemampuan kognitif, pendekatan STEAM
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011