ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATI YUSUF / 153418106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstract
ABSTRAK Rahmawati Yusuf. 2022 Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 4-5 tahun TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Hasil penelitian ini dengan jumlah sampel 15 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada pretest memperoleh nilai rata-rata 17.86 dan standar deviasi 3.335. Sedangkan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 26.26 dan standar deviasi 3.654. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa nilai sig.n (2-tailed) yaitu nilai thitung 3,151 > ttabel 2,145 sehingga H0 ditolak dan H1 di terima artinya hipotesis penelitian berbunyi terdapat pengeruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci : Metode Bernyanyi, Mengenal Angka, Anak Usia Dini
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011