ESSAY

Writer / NIM
PIRA R. NOHO / 153418130
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Advisor 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstract
ABSTRAK Pira R. Noho. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak MelaluiPermainan Ular Tangga Pada anak kelompok A (Usia 4-5 tahun) di sekolah TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian Ini bertujuan meningkatkan kemampuan Membilang Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada anak kelompok A (Usia 4-5 tahun) di sekolah TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan Rancangan penelitian tindakan kelas yaitu model siklus seperti yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini akan dilakukan di TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A (usia 4-5 tahun) di TK Al-Ikhlas yang terdiri dari 16 anak didik, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Berdasarkan Hasil Observasi Awal sebelum dilakukan Perlakuan diketahui kegiatan konsep membilang pada anak masih rendah dimana dari 16 anak ada 2 anak (20%) sudah bisa membilang dengan baik, sedangkan 14 anak (80%), belum bisa membilang dengan baik dan Hasil penelitian yang diperoleh setelah melakukan Perlakuan Pada Siklus I diperoleh bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dalam kemampuan membilang anak kelompok A TK Al Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo namun masih banyak indikator yang belum tercapai, sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan anak dalam kemampuan membilang, ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata persentase total anak didik pada siklus I 37% dan jumlah rata-rata persentase keseluruhan anak didik meningkat menjadi persentase 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membilang anak pada kelompok A di TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Hal ini didasarkan hasil observasi pada siklus I dimana hasilnya masih kurang maksimal dan mengalami peningkatan pada siklus II. Kata Kunci : Permainan; Kemampuan Membilang; Ular Tangga
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011