Writer / NIM
WISNO S. MOHAMAD / 153418135
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstract
ABSTRAK
Wisno Mohamad. 153 418 135. 2022. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Metode Bermain Peran Mikro Pada Anak Kelompok B di KB Surya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan metode bermain peran mikro pada anak kelompok B di KB Surya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Jumlah anak usia dini yang menjadi subjek penelitian yakni sebanyak 20 orang anak yang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak mengalami peningkatan yang signifikan setelah dibelajarkan guru melalui metode bermain peran mikro di kelompok B KB Surya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil kemampuan bahasa ekspresif pada pengamatan awal sebesar 44,75% yang didominasi oleh capaian kategori belum berkembang dan mulai berkembang. Sementara hasil kemampuan bahasa ekspresif siklus 1 mengalami peningkatan menjadi sebesar 69,17% yang didominasi oleh capaian kategori bekembang sesuai harapan. Serta hasil siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 88,83% yang didominasi oleh capaian kategori bekembang sangat baik.
Kata kunci: Kemampuan Bahasa Ekspresif, Bermain Peran Mikro
Download files