ESSAY

Writer / NIM
AYUN LANTI / 153418150
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstract
ABSTRAK Ayun Lanti, NIM. 153 418 150. Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mawar Mearh Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II. Nunung Suryana Jamin, SE., M.Si Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sains melalui pendekatan saintifik untuk anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Merah Kecamatan Mootilango. Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan maksud memberikan gambaran terhadap peningkatan hasil belajar sains pada anak Kelompok B Di TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar sains anak masih rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh yaitu dari 17 anak, yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 29,4%. siklus I yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 41%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 61% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 64%. Siklus 2 yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 79%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 82% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo Kata kunci : Kemampuan, Sains, Pendekatan, Saintifik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011