ESSAY

Writer / NIM
RIYANTI PIPII / 153418152
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstract
ABSTRAK Riyanti Pipii. 153 418 152. 2022. Meningkatkan Disiplin Melalui Pembiasaan Budaya Antri Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin melalui pembiasaan budaya antri pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin anak usia dini pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto mengalami peningkatan setelah dilakukan pembiasaan (habituasi) budaya antri oleh guru. Disiplin anak awal anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo yakni terletak pada kriteria yang belum berkembang (BB) dengan skor sebesar 41,56%. Kemudian disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo pada siklus 1 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan skor sebesar 77,50%. Serta disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo pada siklus 2 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sangat baik (BSB) dengan skor sebesar 95,31%. Sehingga dapat dikatakan bahwa jika pembiasaan budaya antri semakin baik, maka terjadi peningkatan disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kata kunci: Budaya Antri, Disiplin Anak Usia Dini
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011