ESSAY

Writer / NIM
HADIJAH A. KADIR / 153418159
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstract
ABSTRAK Hadijah A. Kadir. 153 418 159. 2022. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kemampuan kognitif awal anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yakni terletak pada kriteria yang mulai berkembang (MB) dengan skor sebesar 53,10%. kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 1 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan skor sebesar 74,76% sehingga antara pengamatan awal ke siklus 1 metode eksperimen terjadi peningkatan sebesar 21,67% hasil capaian kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 2 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sangat baik (BSB) dengan skor sebesar 88,33% dimana capaian kemampuan kognitif siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13,81% dari siklus 1 dan sebesar 35,48% dari pengamatan awal. Kata kunci: Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011