ESSAY

Writer / NIM
ELPIN OLINGGAHE / 153418163
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstract
ABSTRAK Elpin Olinggahe, NIM. 153 418 163. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Kelompok B di KB Al-Iqro Desa Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sri Wahyuningsi Laiya, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE., M.Si. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah � Apakah kemampuan mengenal warna dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di Kelompok Bermain Al-Iqro Desa Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo?�. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eskperimen pada anak kelompok B di Kelompok Bermain Al-Iqro Desa Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B Kelompok Bermain Al-Iqro bahwa pada observasi awal dari 20 anak terdapat 14 anak atau 70% yang belum berkembang. Kemudian dilaksanakan tindakan siklus I pertemuan I meningkat menjadi 10 orang anak atau 50% yang sudah berkembang sesuai harapan. Kemudian pada pertemuan II meningkat lagi menjadi 65% atau sekitar 13 orang anak yang sudah berkembang. Dan pada siklus II pertemuan I kemampuan anak meningkat menjadi 75% atau sekitar 15 orang anak dan pada pertemuan II telah melampaui indikator keberhasilan menjadi 90% atau sekitar 18 orang anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok B di Kelompok Bermain Al-Iqro Desa Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Warna, Metode Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011