Writer / NIM
HADIJAH KADIR DAHILA / 153418164
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Advisor 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK
Hadijah Kadir Dahila, NIM. 153418164. Meningkatkan Keterampilan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Metode Menganyam Dengan Menggunakan Daun Pisang Pada Anak Kelompok B TK Irama Jaya Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode menganyam dengan menggunakan daun pisang dapat meningkatkan Keterampilan koordinasi mata tangan Pada Anak Kelompok B TK Irama Jaya Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keterampilan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Metode Menganyam Dengan Menggunakan Daun pisang Pada Anak Kelompok B TK Irama Jaya Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap obervasi dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan maksud memberikan gambaran terhadap keadaan meningkatkan Keterampilan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Metode Menganyam Dengan Menggunakan Daun pisang Pada Anak Kelompok B TK Irama Jaya Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa Keterampilan Koordinasi Mata dan Tangan belum berkembang dengan baik. Hal ini nampak pada data yang diperoleh yaitu ada 20 anak atau 68,9% dikategorikan belum berkembang (BB) dan 9 anak 31,1% dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dengan jumlah seluruhnya dapat dipersentasekan hanya 35%. Pada Siklus I pertemuan 1 diperoleh 33% dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 26% dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). dan pada pertemuan 2 diperoleh 36% dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 31% dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Siklus II pertemuan 1 diperoleh 36% dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 49% dikategorikan berkembang sangat baik (BSB), dan pertemuan 2 diperoleh 43% dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 44% dikategorikan berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci : Koordinasi Mata dan Tangan, Menganyam, Anak Usia Dini
Download files