ESSAY

Writer / NIM
YAYAN JAFAR / 153418167
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Advisor 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstract
Yayan Jafar. 153 418 167. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Stick Angka Pada Anak Kelompok A di Tk Al-Magfirah Kecamatan Biluhu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media stick angka pada anak kelompok A di TK Al-Magfirah Kecamatan Biluhu. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Jumlah anak usia dini yang menjadi subjek penelitian yakni sebanyak 14 orang anak yang terdiri atas 7 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini pada kelompok A TK Al-Magfirah Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo mengalami peningkatan karena penggunaan media stick angka dalam kegiatan pembelajaran. Hasil pada pengamatan awal sebesar 42,50% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori belum berkembang dan mulai berkembang. Sementara hasil siklus 1 mengalami peningkatan menjadi sebesar 67,98% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sesuai harapan. Serta hasil siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 83,69% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sangat baik. Kata kunci: Media Stick Angka, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011