ESSAY

Writer / NIM
ASWIN KADIR / 211408004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Advisor 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstract
ABSTRAK Aswin Kadir. NIM. 211408004. Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Bernuansa Pakem pada Pembelajaran IPS di SDN 19 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Dibimbing oleh Hais Dama dan Robiyati Podungge. Penelitian ini bertolak dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa kopmpetensi guru SDN 19 Wonosari Kabupaten Boalemo belum optimal. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data dan gambaran tentang kompetensi guru dalam mengelola kelas bernuansa Pakem pada pembelajaran IPS di SDN 19 Wonosari Kabupaten Boalemo. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri 19 Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Pelaksanaan penelitian selama 3 bulan, dimulai pada bulan Maret sampai dengan Juni tahun 2012. Jenis Penelitian adalah deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yang meliputi: (1) teknik observasi; (2) wawancara, dan (3) studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 19 Wonosari Kabupaten Boalemo mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sebagaimana diisyaratkan dalam pendekatan pembelajaran Pakem. Kompetensi ini ditunjukkan dalam bentuk kemampuan menciptakan suasana belajar siswa yang aktif dan berani dalam bertanya atau mengemukakan pendapat, memilih metode yang mampu menumbuhkan inovasi siswa, menciptakan pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas belajar siswa, dan menciptakan kegiatan pembelajaran menyenangkan guna menjaga perhatian siswa pada materi. Mengacu pada hasil penelitian tersebut disarankan, hendaknya rekan-rekan guru dapat memasyarakatkan pengelolaan kelas yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan pada pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya. Kata kunci: Pengelolaan kelas bernuansa pakem, kompetensi guru ABSTRACT Aswan Kadir. SN: 211408004. Teacher competence on managing class in active, creative, effective and fun learning nuance at the social science subject of SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo. Department of Education of Economics. Faculty of Economics and Business. Gorontalo State University. 2012. Supervisor: Hais Dama and Co-Supervisor: Robiyati Podungge. The problem statement of the study is teacher competence of SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo was not optimal. The objective of the study is to get data and figure about teacher competence on managing class in active, creative, effective and fun learning nuance at the social science subject of SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo. The study was held on of SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo. Length of study is 3 months from March to June 2012. This study is a descriptive qualitative. Procedure of collecting the data is using 1) observation technique, 2) interview, 3) document study. The result of study shows that teacher at SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo can create active, creative, effective and fun learning nuance as the approach in learning. These competences was showed by students asking or telling the idea actively and bravely, choosing method that improved students’ innovation, create learning process which develop students learning creativity and create fun learning activities to keep the students attention on the subject. Refers to the result of study, it can be suggested that the teacher should apply creative, effective and fun learning at the social science subject or the other subject. Key words: managing class in active, creative, effective and fun learning nuance, teacher competence.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011