ESSAY

Writer / NIM
FEBRIANTI POLIONU / 211408011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Advisor 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstract
ABSTRAK Febrianti Polionu. NIM. 211 408 011. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 02 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas VII SMP Negeri 02 Wonosari Kabupaten Boalemo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan evaluasi formatif pembelajaran IPS Terpadua di SMP Negeri 02 Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas VII SMP Negeri 02 Wonosari Kabupaten Boalemo. Adapun hasil penelitian tentang hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS terpadu Pada siklus I jumlah siswa yang dikenakan tindakan 28 orang, yang hasil belajar nilai 75 ke atas atau kategori penilaian baik 20 orang siswa atau 71,4 % dan yang nilainya di bawah 75 atau kategori penilaian cukup dan kategori penilaian kurang yaitu 8 orang siswa atau 28,6%. Pada siklus II jumlah siswa yang dikenakan tindakan 28 orang, yang hasil belajar nilai 75 ke atas atau kategori penilaian baik 25 orang siswa atau 89,3% dan yang nilainya di bawah 75 atau kategori penilaian cukup dan kategori penilaian kurang yaitu 3 orang siswa atau 10,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 02 Wonosari Kabupaten Boalemo. Kata kunci : Model Pembelajaran : Tipe picture and picture
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011