ESSAY

Writer / NIM
MARTIN ASUNA / 211408021
Study Program
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Advisor 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Advisor 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstract
ABSTRAK Martin Asuna Nim 211 408 021 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Klas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 33,33% menjadi 80,95% atau rata-rata kelas 62,9 menjadi 73,8. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran NHT.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011